Minggu, 21 Desember 2014

Atritis

Artritis adalah peradangan / inflamasi dipersendian.Artritis dapat merupakan gejala dari berbagai penyakit.Ada 3 jenis penyakit artritis yaitu : Atritis Gout,Osteoartritis dan Reumatoidartritis.




Artritis Gout ( Rematik )

- Gout ( Rematik ) suatu bentuk artritis ( peradangan sendi ) yg biasanya menyerang jari-jari kaki,terutama ibu jari kaki,tetapi jg bisa menyerang lutut,tumit,pergelangan kaki,pergelangan tangan,jari-jari tangan dan siku.Gout biasanya diturunkan dalam keluarga.
Hanya saja mengenai pria dan sering timbul tanpa gejala awal umur 45 thn.Bila dicetuskan oleh cedera ringan  seperti memakai sepatu yg tidak sesuai dengan ukuranya,terlalu banyak mengkonsumsi makanan yg mengandung asam urat ( seperti jeroan ),alkohol,stres,infeksi dan obat-obatan tertentu.

Gejalanya :

- Nyeri sendi secara mendadak,biasanya di mlm hari,nyeri berdenyut atau sangat sakit dan bertambah nyeri bila sedikit saja bergerak.
- Kemerahan,bengkak dari sendi yg terkena.
- Demam,kedinginan dan lemah mungkin menyertai serangan.

Penyebab : 

- Kadar asam urat di dlm darah yg meningkat menyebabkan penumpukan kristal asam urat di dlm sendi.
- Asam urat adalah sampah metabolisme zat purin,suatu senyawa kimia dlm makanan tertentu.

Pencegahanya : 

-Hindari makan segala sesuatu yg berlebihan atau yg bisa mencetus serangan.
- Kurangi makanan yg kaya akan purin misalnya daging,jeroan seperti kikil,babat,usus,ati,empela dan lainya.




Artritis Reomatoid

- Artritis Reomatoid merupakan radang yg umumnya menyerang pada sendi-sendi tangan dan kaki,yg semakin lama semakin bertambah sakitnya.

Gejalanya :

- Kedua tangan teasa kaku pada pagi hari lbh dari setengah jam.
- Tidak enak badan,kaku dan nyeri pada sendi,bengkak,semu merah dan terasa hangat.

Penyebabnya : 

- Dapat berasal dari faktor genetik atau faktor resiko lingkungan tertentu yg dpt menyebabkan kekacauan daya tahan tubuh atau gangguan autoimun.
- Gangguan autoimun dapat menyebabkan gangguan artritis reumatoid.

Pencegahannya :

- Istirahat yg cukup,pakailah kaos kaki atau sarung tangan sewaktu tidur mlm hari dan kurangi aktivitas yg berat secara perlahan lahan.




Osteoartritis ( Keropos Sendi )

- Merupakan peradangan pada sendi yg disebabkan rapuhnya kapsul sendi,sehngga merusak lapisan tulang rawan yg menutup permukaan ujung ujung tulang.Umumya menyerang sendi sendi penopang tubuh,seperti lutut,pinggul,tulang belakang.
Osteoartritis umumnya menyerang usia lanjut,pada penderita tidak sampai parah.

Gejalanya :

- nyeri dan kaku pada sendi,terutama pada waktu akan berdiri dan berjalan setelah lama duduk apabila lutut dan pinggul yg terserang.

Penyebabnya :

- Degenerasi atau ausnya kartilago ( jaringan elastis ) yg seharusnya melingkari ujung ujung tulang pada persendian.

Pencegahannya :

- Hindari kegiatan tertentu apabila sendi sudah terasa nyeri
- Sebaiknya berat badan diturunkan apabila kegemukan agar beban pada sendi lutut atau pinggul berkurang.

Produk yg digunakan antara lain :

- Koyo Kinotakara
  Dosis : awal digunakan sebaiknya 3-5 dos,sedangkan dosis pemeliharaan 1-2 pasang koyo kino dlm seminggu ditempel di telapak kaki bagian bawah ( tumit ) atau daerah yg mengalami pembengkakan.

- AyuArtis
  Dosis : dikonsumsi 2-3 x 2 kapsul sehari,untuk mengurangi masalah pada persendian dan mengurangi peradangan yg menyebabkan nyeri pada tulang dan sendi.

- Gamat Extarct Emultion
  Dosis : Diminum 2 x 1-2 sloki sehari selama mungkin,tujuan untuk regenerasi sel-sel mati sehingga diharapkan sebagian akan berfungsi normal.Untuk kasus-kasus kronik memberi hasil baik.

- Omegasqua
   Dosis : 2x1-2 kapsul sehari,dianjurkan mengkonsumsinya selama 5-6 bulan secara berturut.Untuk memelihara jaringan persendian dan mengurangi peradangan.

NB : semua produk ada di atas.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar